animasi  bergerak gif
animasi bergerak naruto dan onepiece
 

Sabtu, 21 Mei 2016

Fungsi dan Manfaat Komputer Dalam Berbagai Bidang

0 komentar
Fungsi dan Manfaat komputer dalam berbagai bidang - Pengertian komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Komputer saat ini telah menjadi suatu kebutuhan dalam berbagai bidang.
Fungsi dan Manfaat komputer dalam berbagai bidang
Fungsi utama komputer adalah sebagai alat untuk pengolahan data. Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi data kedalam bentuk yang lebih berarti berupa informasi, sedangkan informasi adalah hasil dari kegiatan-kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kegiatan atau peristiwa. Pada komputer pengolahan data menggunakan konsep IPO yaitu input, proses dan output.

Fungsi komputer secara umum dapat membantu kita menyelesaikan banyak tugas-tugas kita. Seperti yang telah anda ketahui, awal mula fungsi komputer berkaitan erat dengan pengolahan suatu informasi yang mana pengolahan informasi tersebut sangat eksklusif hubungannya dengan masalah aritmatika. Hal itu terjadi pada awal ditemukannya komputer.  

Fungsi dan manfaat komputer dalam kehidupan sehari hari

Komputer mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan kita sehari diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Komputer digunakan sebagai sarana menyelsaiakan pekerjaan sehari-hari seperti mengetik, megolah data dan lain-lain. 
  2. Sebagai Sarana Komunikasi seperti menggunakan webcamp, skype atau media chatting lainnya 
  3. Sebagai Alat Hiburan seperti menonton movie, game dan melakukan yang disukai terhadap program komputer 
  4. Sebagai Alat Pendidikan atau disebut dengan E-learning 
  5. Membantu dalam Bidang Kesehatan seperti diagnosa penyakit menggunakan komputer 
  6. Komputer Sebagai Sarana Usaha seperti jasa pemesanan tiket, pembayaran dan lain-lain. 
  7. Komputer Sebagai Sarana Kontrol Dibeberapa pabrik, Perhotelan, seperti mengontrol kamera security, mengontrol pengoperasian mesin Robot pabrik, mengontrol Escalator

Fungsi dan manfaat komputer dalam bidang pendidikan 

Dalam bidan pendidikan komputer mempunyai banyak peranan yang dapat membantu pembalajara bagi pelarja mahasiswa maupun dosen, adapun manfaat dari komputer dibigan pendidikan adalah : 

1. Sebagai Mencari Bahan Informasi

Dengan adanya komputer, setiap orang menjadi sangat mudah untuk mencari bahan informasi dalam bidang pendidikan. Seperti contoh, jika anda seorang sisawa dan membutuhkan referensi mengenai tugas - tugas yang dikerjakan, anda dapat menggunakan komputer via internet untuk mencari informasi yang diperlukan.


2. Untuk Media Pembelajaran

Dunia pendidikan dapat semakin maju lagi dengan proses pembelajaran menggunakan teknologi komputer. Dimana banyak para pengguna yang dapat melakukan interaksi lebih nyata dan real seperti ketika melakukan presentasi menggunakan infocus. Berbeda jika anda melakukan hal tersebut secara manual, yang tentunya tidak akan tepat untuk memberikan informasi ke seluruh orang banyak.


3.Komputer Sebagai Tempat Penyimpanan Data

Dengan adanya komputer, seseorang dapat dengan mudah menyimpan berbagai macam data - data dalam jumlah banyak namun dengan tempat yang lebih kecil. Cara ini tentunya lebih efektif ketimbang anda menyimpan data - data dalam bentuk berkas - berkas kertas.

Ketiga fungsi komputer dalam bidang pendidikan diatas adalah sebagian kecil dari manfaat komputer yang dapat digunakan hingga saat ini. Komputer merupakan alat yang semakin berkembang dari waktu ke waktu untuk dapat melayani berbagai macam keperluan setiap orang dengan lebih mudah lagi.


Fungsi dan manfaat komputer dalam bidang kesehatan

Dibidang kesehatan komputer mempunyai banya manfaat diantaranya sebagai berikut :
  1. Membangun Sistem informasi rumah sakit (SIR) secara luas, untuk menolong komunikasi dan mengatur informasi yang dibutuhkan dari sebuah rumah sakit. SIR dapat diaplikasikan untuk perijinan, catatan medis, akuntansi, kantor, perawatan, laboratorium, radiologi, farmasi, pusat supali, mutrisi/pelayanan makan, personel dan gaji. Jumlah aplikasi-aplikasi lain dapat dimasukkan bagi beberapa bagian/departemen dan untuk beberapa tujuan yang praktikal.
    Manajer-manajer di Rumah Sakit, juga perawat perlu mengenal komputer, yang mencakup mengenal istilah umum yang digunakan komputer.
  2. Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Keperawatan (SIMK)
    Sistem informasi manajemen keperawatan (SIMK) merupakan paket perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus untuk divisi pelayanan keperawatan, seperti:

    • Mengklasifikasikan pasien
    • Penjadwalan
    • Catatan personal
    • Laporan bertahap
    • Analisa kelompok diagnosa yang berhubungan Pengendalian mutu, dll
  3. Komputer juga dapat membantu pembuatan Sistem Klasifikasi Pasien
  4. Dengan bantuan alat komputer, dapat membantu dalam menentukan kebutuhan tenaga di ruang rawat, berguna juga untuk memantau klasifikasi klien. Sistem klasifikasi pasien adalah pengelompokan pasien berdasarkan kebutuhan perawatan yang secara klinis dapat diobservasikan oleh perawat.
  5. Sebagai alat bantu untuk Rekam medis berbasis komputer (Computer based patient record). Komputer di  rumah sakit adalah mambantu dalam penerapan rekam medis medis. Pengertian rekam medis berbasis komputer secara prinsip adalah penggunaan database untuk mencatat semua data medis, demografis serta setiap event dalam manajemen pasien di rumah sakit. Rekam medis berbasis komputer akan menghimpun berbagai data klinis pasien baik yang berasal dari hasil pemeriksaan dokter, digitasi dari alat diagnosisi (EKG, radiologi, dll), konversi hasil pemeriksaan laboratorium maupun interpretasi klinis. Rekam medis berbasis komputer yang lengkap biasanya disertai dengan fasilitas sistem pendukung keputusan (SPK) yang memungkinkan pemberian alert, reminder, bantuan diagnosis maupun terapi agar dokter maupun klinisi dapat mematuhi protokol klinik.
  6. Pengembangan E-health di Rumah Sakit.  Sebagai contoh, e-Health dapat diterapkan untuk membantu pengembangkan program yang membantu dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya saling bertukar infomasi secara elektronik, mengambil data rekam medis pasien kapan dan dimana diperlukan, dan melakukan kolaborasi dengan memberi layanan jasa kesehatan lainnya secara real time melalui internet. Layanan kesehatan seperti ini akan memberikan banyak sekali penghematan dari sisi biaya dokumen dan administrasi layanan dan memberikan keuntungan pemberian keputusan layanan kesehatan yang terbaik kepada pasien dengan lebih cepat.
    Pemberi layanan jasa kesehatan, seperti dokter dan rumah sakit, juga dapat mengembangkan layanan jasa kesehatan berbasis internet.

Fungsi dan manfaat komputer dalam bidang industri

Bidang industri saat ini telah banyak menggunakan komputer untuk proses produksi dengan menggunakan otomatisasi produksi sehingga produsi di bidang industri menjadi efisien. Adapun manfaat komputer dibidang industri adalah sebagai berikut :
  1. Mengendalikan mesin-mesin produksi dengan kecepatan tinggi.
  2. Bidang industri otomotif berfungsi untuk  melaksanakan tugas tertentu dalam jalur    perakitan  otomatis. Karena komputer memiliki kemampuan & ketelitian yang tinggi, serta dapat digunakan secara otomatis.
  3. Bidang industri perfilman Semua efek-efek di dunia akting, animasi, dan penyuntingan adegan film semua direkam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer.
  4. Bidang industri rekaman Untuk dapat menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam & modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunya pun dibantu dengan sistem komputer.

Fungsi dan manfaat komputer dalam bidang pemerintahan

Penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pihak-pihak lain disebut e-government. Penggunaan hubungan ini dapat dibedakan menjadi 3 bentuk, yaitu:
  1. G2C (Government to citizen), yaitu hubungan antara pemerintah dengan masyarakat.
  2. G2B (Government to bussines), yaitu hubungan antara pemerintah dengan pengusaha.
  3. G2G (Government to Government), yaitu hubungan antara pemerintah dengan pemerintah.
Konsep e-government, mengacu pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh pemerintahan, misalnya dengan menggunakan jaringan internet. E-government dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan penduduk, pemerintah dengan bisnis, dan kegiatan lainnya. Selain manfaat dalam bidang pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi juga bermanfaat dalam bidang pemerintahan antara lain seperti berikut:
  1. Meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat, kerena informasi dapat lebih mudah untuk diperoleh.
  2. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap aparat pemerintah dengan adanya transparansi kegiatan pemerintah.
  3. Meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, yaitu masyarakat dapat dilayani kapan-pun dan dimana-pun, tanpa memandang jam buka kantor, dan bahkan tanpa perlu datang ke kantor pemerintahan.
  4. Tersedianya informasi yang mudah diakses oleh masyarakat melalui internet, sehingga masyarakat dapat mengambil keputusan dengan benar.
  5. Hilangnya birokrasi yang selama ini seolah-oleh menjadi penghalang bagi masyarakat dalam berhubungan dengan pemerintah, sehingga pelaksanaan pemerintahan menjadi lebih efektif dan efisien.


Fungsi dan manfaat dalam bidang Perbankan

Penggunaan komputer dalam dunia perbankan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada pihak nasabah bank. Biasanya komputer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM. Saat ini dengan dikenalnya E-Commerce, maka pelayanan transaksi secara online dapat diterapkan dengan disediakannya ATM kemudian dengan penggunaan internet memudahkan perbankan dalam melakukan pelayanan kepada nasabahnya melalui INTERNET BANKING dan SMS BANKING (Pressman, 2002). 


Fungsi dan manfaat dalam bidang Penerbangan
 
Digunakan untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur system pemesanan tiket. Dengan bantuan komputer, pelayanan dan pengaturan jadwal penerbangan akan lebih cepat dan tepat. Di bidang penerbangan luar angkasa komputer digunakan untuk mengontrol kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat, mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan. Komputer juga digunakan untuk mengontrol pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari keadaan dan isi planet (Rahmat, 2003). 


Demikianlah fungsi dan manfaat komputer dalam berbagai bidang yang dapat membantu anda dalam memahami manfaat dari komputer.

0 komentar:

Posting Komentar

 
AnakTekaje19 © 2017 Afri Daniel Syah